Sabtu, 26 Maret 2011

Diet pada komplikasi kehamilan

Diet pada Komplikasi kehamilan
1. Diet pada Hyperemesis Gravidarum
    Tujuan pemberian diet pada penyakit Hyperemesis Gravidarum adalah untuk mengganti persediaan glikogen dan mengontrol acidosis, secara berangsur memberikan makanan cukup kalori dan zat gizi.
 Macam dan indikasi pemberian :
     a. Diet Hyperemesis I : diberikan kepada penderita dengan hyperemesis berat, makanan hanya terdiri dari  roti kering dan buah buahan, cairan tidak diberikan bersama makanan tetapi 1-2 jam sesudahnya.

     b. Diet Hyperemesis II : diberikan bila rasa mual dan muntah sudah berkurang. Secara berangsur diberikan bahan makanan yang bernilai gizi tinggi. Minuman tidak diberikan bersamaan makanan.
   
     c. Diet Hyperemesis III : diberikan kepada penderita dengan hyperemesis ringan. Menurut kesanggupan penderita minuman boleh diberikan bersama makan. Cara memesan makanan dengan etiket, simbolnya Diet Hyperemesis I/II/III.  

2. Diet pada Preeklamsi
    Tujuan pemberian diet pada penyakit preeklamsi adalah untuk mengganti protein yang hilang karena proteinuria, mencegah/ mengurangi retensi garam/ air, menjaga agar penambahan berat badan tidak melebihi normal, memberikan zat gizi secukupnya sesuai dengan kemampuan penderita





     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar